Sabtu, 01 Agustus 2015

Resep Saos Sambel Homemade Aman dan Bebas Pengawet

Apakah Anda penyuka pedas? Hampir di setiap meja makan pasti saos sambal tak pernah absen. Tapi tahukan anda bahwa saos instan yang menjadi teman setia untuk menikmati gorengan benar-benar aman untuk dikonsumsi?


Tentu sangat khawatir jika saos yang kita beli adalah saos yang terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti yang terungkap dalam salah satu acara investigasi di televisi. Bukannya merasa nikmat saat menyantap gorengan panas serta dicocol dengan saos sambal yang menggugah selera. Tapi akan lebih nikmat lagi jika dapat membuat saos sambal sendiri atau homemade. Pikiran lebih tenang dan tentu lebih menyehatkan.

Yuk intip resepnya yang dibagikan Bunda Fajar di salah satu grup masak di Facebook. Berikut Resep dan proses pembuatannya.

Bahan yang diperlukan :
  • 100 gram cabe rawit / kecil
  • 500 gram tomat/ 3 ukuran besar
  • 400 ml air
  • 3 sdm cuka/ bisa pakai jeruk lemon
  • 2 sdm garam
  • 200 gram gula pasir
  • 50 gram bawang putih
  • 2-3 sdm tepung maizena...Taruh dalam mangkok tuangkan air sedikit, aduk rata.

Cara Pembuatan :
Rebus tomat,cabe,bawang putih dengan 400 ml air, kemudian rebus sampai lunak. Lihat seperti difoto yang disertakan. Lalu tunggu beberapa saat hingga dingin baru diblender. Setelah diblender kemudian siapkan wajan dan tuangkan dan saring. lihat difoto hasil saringan tomat,bawang,dan cabe. Lalu tahap selanjutnya nyalakan kompor, Bila sudah mendidih masukan gula,Garem,cuka. Jangan masuk bahan bersamaan. icipi bila dirasa cukup boleh dikurangi dan ditambahi.

Setelah dirasa cukup tuangi maizena yang sudah dicampur air tadi, aduk searah dengan cepat biar tidak mengumpal, bila kekentalan sudah cukup aduk kurang lebih 5 menitan sampai saos sambal lentur, licin kemudian matikan kompor.

Nah demikian tips cara membuat Saos Tomat Hommade ala Bunda Fajar, lebih sehat menggunakan saos buatan sendiri, lebih nikmat dan juga tak perlu was-was. Silahkan Bagikan Bila Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Saos Sambel Homemade Aman dan Bebas Pengawet

2 komentar: