Sabtu, 01 Agustus 2015

Modus Penipuan Baru! Share Jangan Sampai Anda Jadi Korbannya

Rusman Nulhakim seorang netizen mengungkapkan pengalaman tidak mengenakkan yang hampir tertipu puluhan juta rupiah. Didalam status facebooknya ia bercerita kronologis kejadian yang menimpanya.

 Sore hari kemarin sekitar jam 3 an, seorang bapak"(sebut saja namanya kampret) belanja d toko, total belanjaan senilai tertulis d gambar (lumayan banyak lah). Rada gak wajar sih sbenernya, jarang" ada yang belanja banyak bgitu, orang baru kenal lagi, bukan langganan. Tapi saya khusnuzan aja. Lanjuut



Dan stelah totalan dia bilang bayarnya pengen via transfer aja (lha kirain mau cash, udah sneng duluan saya) . Yaudah karena udah terlanjur, saya kasih no. Rek bca saya buat nanti dia transfer, yg penting dia bayar. Barang belanjaan pun ditinggal, dia pergi keluar, bilangnya mau nagihin duit hutang dulu dari tmennya sma cari ATM buat transfernya. "Paling 2 jam lagi saya transfer dan kesini lagi buat ambil brangnya" katanya dengan tampang sok cool dan sok sibuk.

Dan sekitar jam 7 malam, yg ditunggu" pun akhirnya muncul, datang 2 orang laki" tampang preman pake motor yg ngaku temennya si kampret (si kampret gak ikut). Sambil ngasihin amplop berisi struk bukti transfer, si laki" yg satu bilang mau ambil barang yg tadi dibeli si kampret. Struknya sih keliatan asli banget dan saya sudah setengah percaya kalo uangnya emang udah ditransfer. Tapi belum sreg/valid dong kalo belum cek saldo dan mutasi. Segera setelah saya terima struk bukti transfer tsb, sya langsung cek saldo dan mutasi rekening saya hari itu via e-banking. Daann… jeng jeng.. Sama sekali gak ada transferan, saldo pun masih sama kayak sebelumnya. Buat lebih yakin, saya pun cek juga di ATM BRI depan toko (gak ada atm BCA). Tapi.. Tetep, emang gak ada transferan.

Di situ, saya baru nyadar lagi kena upaya modus. Agak aneh juga soalnya 2 orang yang ngaku temannya si kampret itu juga keliatan buru" dan tergesa", pengen barangnya langsung dibawa sekaligus, padahal dia pake motor dan total ada 3 karung barang yg berat" semua isinya. Agak susah kayaknya buat dibawa sekaligus, walaupun bisa aja sih kalo dipaksain.

Dan segera setelah tau hal itu sya langsung kasih tau dan tegasin temen si kampret itu (yg lagi ngangkatin 3 karung belanjaan, yg mau segera dia bawa itu) bahwa belum ada transferan masuk. Dan dengan sdikit pura" polos, saya minta dia buat telepon si kampretnya, pastiin apa dia bneran sudah transfer apa belum. Dia pun coba nelpon, tapi lagi gak aktif katanya. Saya coba telepon pun emang gak aktif, gak gau kenapa.

Akhirnya saya pun berusaha untuk menahan barang belanjaan tersebut agar tidak dibawa oleh temennya si kampret yg keliatan sudah ngebet banget pengen bawa kabur tuh barang. Saya tegasin ke dia bahwa barangnya jangan dulu dibawa soalnya uang tranferannya juga belum masuk (sampai detik inipun).

Dan dengan tampang rada kikuk, sadar niat modusnya udah mulai kecium, 2 orang temen si kampret tsb pun langsung pamit pulang sambil bilang, "nanti aja saya ke sini lagi sama si kampret, biar jelas". Oh yaudah..
2 orang itu pun pergi tanpa membawa barang. Dan nyatanya gak ada tuh dia balik lagi bareng si kampret. Logikanya, kalo emang dia beneran transfer, pasti dia bakal balik lagi buat bawa barang belanjaannya tadi. Tapi ini malah kayak ngilang gitu, no. Hp nya pun udah gak bisa dihubungi.

Jadi fixed lah, struk bukti transfer yg tmennya si kampret kasih itu adalah struk Bodong alias Palsu. Modus pengen dapet barang gratis cuma modal struk bodong. Dikira kita bego kali ya..duh. Tapi salut lah sama yang ngedit" bikin struk palsu model begitu, dapet banget detailnya. Mengharukan..

Wajib bagi anda untuk membagikan pengalaman ini agar anda dan keluarga tidak tertipu dengan modus baru yang menimpa Rusman Nulhakim


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Modus Penipuan Baru! Share Jangan Sampai Anda Jadi Korbannya

2 komentar:

  1. benar gan beberapa bulan yang lalu sy juga mengalami sama seperti itu, tapi ngirim pic struk nya ke bbm.
    buat pengelola toko onlen harus juga waspada.

    BalasHapus
  2. Struknya juga keliatan rada janggal, soalnya nggak ada detail rekening pengirim, biasanya mesti ada

    BalasHapus